6 nama-nama yang baik beserta makana nya


6 nama-nama yang baik beserta artinya sebagai berikut:


1. Al karim
     Secara bahasa al karim mempunyai arti  yang maha mulia, yang maha dermawan atau yang maha pemurah.
Secara istilah  al karim di artikan bahwa allah swt, yang maha mulia lagi maha pemurah yang memberi anugrah atau rizki kepada semua makhluk nya.
Dapat pula dimaknai zat yang sangat banyak memiliki kebaikan, maha pemurah, pemberi nikmat dan keutamaan, baik ketika di minta maupun tidak.
Hal tersebut sesuai dengan firman nya:
ya ayyuhal ingsanu ma gorroka birbbikalkarimi
Artinya:
      "Hai manusia apakah yang telah memperdayakan mu terhadap tuhan yang maha pemurah?"(Q.S. AL-INFTÀR:6)
  Menurut imam al gozali al karim adalah dia yang apa bila  berjanji menepati janji nya, bila memberi, melalui batas harapan nya, tidak peduli berapa dan kepada siapa dia memberi dan tidak rela bila ada kebutuhan memohon kepada selain dia

2.  Al mu'min
     Secara bahasa adalah amina yang berarti  pembenaran ketenangan hati, dan aman. Al mu'min artinya dia maha pemberi rasa aman kepada semua makhluk nya, terutama kepada manusia. Dengan begitu, hati manusia menjadi tenang. Kehidupan ini penuh dengan berbagai permasalahan,tantangan, dan cobaan. Jika bukan karna allah swt. Yang memberikan rasa aman dalam hati, niscaya kita akan gelisah, takut dan cemas. Perhatikan firman allah swt sebagai berikut:
  Allazdina àmanu walam yal bisu imanahum bidulmin ula ika lahumulamnu wahum muhtadun
Artinya:
       "orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukan iman mereka dengan syirik, mereka itulah mereka yang mendapan kan rasa aman dan mereka mendapatkan petunjuk ." (Q.S AL-ANAM/6:82)

3. Al wakil
     Kata "wakil" mengandung arti maha  mewakili atau pemelihara. Al wakil(yang maha mewakili atau maha pemelihara), yaitu allah swt. Yang memelihara dan mengurusi segala kebutuhan makhluknya, baik itu dalam urusan dunia dan akhirat, dia menyelesaikan segala sesuatu yang di serahkan hambanya tanpa  membiarkan apapun terbengkali.
Firman allah swt.
Allahu kholiqu syai'in wahuwa ala kulli syai'iwwakilun
Artinya:
     "Allah swt. Pencipta segala sesuatau dan dia pemelihara atas segala sesuatu."(Q.S. AZ ZUMAR/39:62)

4. Al matin

     Al matin artinya maha kokoh. Allah swt. Adalah maha sempurna dalam kekuatan dan kekokohan nya. Kekokohan dalam prinsip sifat-sifat nya. Allah swt. Jgha maha kokoh dalam kekuatannya, oleh karna itu, sifat almatin adalah kekuatan kehebatan yang sangat kokoh dari kekuatan yang tidak ada taranya. Dengan begitu, kekokohan allah swt. Yang memiliki rahmat dan azab terbukti ketika allah swt. Memberikan rahmat kepada hambanya. Tidak ada apa pun yang dapat menghalangi  rahmat ini untuk tiba-tiba kepada sasarannya. Demikian juga tidak ada kekuatan yang dapat mencegah pembalasannya.

5. Al jami
     Al jami secara bahasa artinya yang maha mengumpulkan/menghimpun, yaitu bahwa allah swt. Maha mengumpulkan/menghimpun  segala sesuatu yang terbesar atau terserak. Allah swt maha mengumpulkan apa yang terbesar terserak. Allah swt maha mengumpulkan apa yang di kehendakinya dan dimana pun allah swt berkehendak.
Firman allah swt.
Robbana innaka jami'unnasi  liyaumillaroiba pihi innallaha layukh lipul mi'ad
Artinya:
   "Ya tuhan kami, sesungguhnya engkou mengumpulkan manusia untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya"sesungguhnya allah swt. Tidak menyalahi janji"(Q.S ALI IMRAN/3:9)

6 Al adl

    Al adl artinya maha adil ke adilan allah swt. Bersifat mutlak tidak di pengaruhi oleh apa pun dan oleh siapa pun dan apa pun. Ke adilan allah swt. Juga si dasari dengan ilmu allah swt. Yang maha luas sehingga tidak mungkin keputusan nya itu salah
Allah swt berfirman:
Watammat kalimatu robbika sidkouu wa adla la mubaddila likalimatihi wahuassami'ul alim
Artinya:
     " telah sempurnala kalimat tuhan mu (al qur an sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak adanya yang dapat mengubah kalimat-kalimat nya dan dialah yang maha mendengar lagi maha mengetahui .") (Q.S. AL AN AM/6:115)