Rangkuman Bab 1 aku selalu dekat dengan allah


Bab 1 
aku selalu dekat dengan allah swt


A. Memahami makna al-asma'u al-husna: al-karim, al-mu'min, al-wakil, al-matin, al-jami, al-adl, dan al-akhir.

  1. Pengertian  al-asma'u al-husna Al-asma'u al-husna terdiri atas dua kata yaitu asma yang berarti nama-nama dan husna yang berarti baik atau indah. Jadi al-asma'u al-husna dapat diartikansebagai nama-nama yang baik lagi indah yang hanya dimiliki oleh allah swt.Sebagai bukti kegunaan nya kata al-asma'u al-husna di ambil dari ayat al-qur'an Q.s TOHA/20:8. Yang artinya:"allah swt. Tidak ada tuhan melaikan dia. Dia memiliki al-asma'u al-husna(nama-nama allah yang bail)".
  2.  Memahami makna al asmaul husna dari al mu'min, al karim, al wakil, al matin, al jami, al adl, dan al akhir.

  • Al karim  Secara bahasa arab al karim adalah yang maha mulia, yang maha dermawan atau yang maha pemurah. Secara istilah al karim di artikan adalah yang maha mulia lagi maha pemurah yang memberi anugrah kepada semua makhluknya.
  •  Al mu'min secara bahasa berasal dari kata amina yang berarti pembenaran, ketenangan hati dan aman. Al mu'min dapat di artikan dia maha pemberi rasa aman kepada semua makhluknya, terutama kepada manusia.
  • 3. Al wakil Kata "al wakil" mengandung arti maha mewakili atau pemelihara. yaitu allah swt. Yang memelihara dan mengurusi kebutuhan semua makhluknya baik itu urusan dunia dan akhirat.
  • Al matin artinya maha kukuh. Secara istilahnya adalah maha sempurna dalam kekuatan dan kekokohannya . Kekukuhan dalam prinsip sifat-sifatnya.
  • Al jami secara bahasa artinya yang maha mengumpulkan atau menghimpun, yaitu allah swt maha mengumpulkan atau menghimpun segala sesuatu yang terbesar atau terserak.
  • Al adl artinya maha adil. Ke adilan allah swt bersifat mutlak, tidak di pengaruhi oleh apa pun dan oleh siapa pun.
  • Al akhir artinya yang maha akhir yang tidak ada sesuatu pum setelah allah swt. Dia maha kekal tetkala semua makhluk hancar, maha kekal dengan kekekalannya.